Rahmat International Wildlife Museum Gallery Medan: Harga Tiket Masuk, Fasilitas, Jam Buka & Lokasi

Rahmat International Wildlife Museum Gallery
Rahmat International Wildlife Museum Gallery

Jalan-jalan ke Medan tidak lengkap rasanya jika hanya lewat saja tanpa mengunjungi wisata yang ada di kota Medan. 

Meski cukup banyak yang mengatakan bahwa wisata Kota Medan identik dengan Danau Toba, padahal yang sebenarnya jarak Kota Medan dengan Danau Toba cukuplah jauh, bahkan sudah berbeda Kabupaten loh, walau masih satu provinsi ya, yakni Sumatera Utara.

Padahal, banyak sekali tempat wisata yang dapat kita kunjungi di Kota Medan, seperti adanya Istana Maimun, Rumah Tjong A Fie, Masjid Raya Al-Mashun, dan Museum Gallery Rahmat.

Tentu sangat disayangkan jika kita hanya lewat saja tanpa singgah dan mengenal wisata Kota Medan, melalui artikel ini saya akan bercerita dan memperkenalkan Museum Internasional Rahmat Gallery.

Pada tahun 2013 lalu, untuk pertama kalinya saya mengenal dan mengunjungi Museum Rahmat ini pada kegiatan outing class dari sekolah.

Dari sini, saya mengenal banyak hewan yang belum pernah saya temukan secara langsung, seperti beruang kutub, tringgiling, dan banyak hewan langka lainnya yang mungkin belum pernah kita temukan dan hanya melihat dari siaran televisi saja.

Kalau ditanya spot terfavorit, rasanya cukup sulit dijawab karena hampir setiap sudut memiliki kreasi nyata yang unik. Apalagi ada ruangan yang penuh dengan kupu-kupu dan dilengkapi dengan fosil.

Emang tidak salah sih kalau kemari bawa anak sekolah, bisa belajar mengenal banyak hewan.

Dari kunjungan tersebut merupakan kunjungan pertama kali saya datang ke Museum Gallery Rahmat.

Sampai akhirnya saya sadar, sudah delapan tahun tinggal di Medan sejak tamat dari sekolah, tapi tidak pernah kembali lagi ke tempat ini, dan pada tahun 2023 saya tertarik untuk datang kembali sekaligus ingin mengabadikan banyak momen disini.

Jika sudah mengabadikan rekaman lewat foto dan video, saya akan melanjutkan lewat tulisan pada blog ini.

Saat kembali lagi ke tempat ini, ternyata cukup bikin saya terkejut bahwa Museum ini sudah banyak sekali mengalami perubahan dan renovasi menjadi lebih apik, baik, dan tentu semakin nyaman.

Tidak merubah struktur tempat, hanya merombak sedikit agar tampak lebih santai dan safety untuk anak-anak.

Sejauh yang saya lihat, perombakan terjadi kebanyakan pada lantai 2, mungkin disana ada salah satu spot khusus untuk anak-anak, semacam perpustakaan.

Walau tidak sempat masuk ke dalam, dari luar pun terlihat sangat nyaman. Untuk itu, meri berkenalan lagi dengan museum Internasional ini, yuk!

Rahmat International Wildlife Museum and Gallery


Rahmat International Wildlife Museum & Gallery adalah salah satu museum yang mendunia di Sumatera Utara. Museum Rahmat atau yang dikenal dengan sebutan Rahmat International Wildlife Museum & Gallery merupakan salah satu icon wisata yang ada di Medan, Sumatera Utara.

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery didirikan oleh Dr. H Rahmat Shah yang diresmikan pada tanggal 14 Mei 1999.

Dr. H Rahmat Shat memiliki ketertarikan dan cinta pada alam dan memiliki niat mencegah kepunahan pada hewan langka, dengan konsep pendiriannya yang sama dengan Sadari Club International yaitu konservasi dengan pemanfaatan.

Setiap koleksi dari museum merupakan hasil dari perburuan legal atau binatang yang telah mati di kebun binatang, bahkan ada dari pemberian teman atau pembelian secara legal dari berbagai negara.

Secara keseluruhan, kurang lebih terisi sekitar 500 satwa yang ada di museum ini. Di dalam museum juga memiliki tema-tema khusus sesuai dengan jenis binatang dan habitatnya. Diantaranya ada African big five, birds kingdom, bear kingdom, mountain of goats night safari, African room, Indonesian species.

Profil Pemilik Museum Rahmat


Dr. H Rahmat Shah merupakan seorang pengusaha, diplomat, filantropis, konservasionis, dan politisi Indonesia. Sedari kecil, sudah memiliki kegemaran terhadap hewan yang akhirnya ia salurkan ke museum dan kebun binatang yang dikelola sendiri.

Rahmat International Wildlife Museum and Gallery kini menjadi satu-satunya museum di Asia yang memiliki lebih dari 5.000 spesimen taksidermi. Pada tahun 1996, Rahmat Shah juga mengambil alih kebun binatang terbesar di Sumatera Utara, yang berlokasi di Pematang Siantar.

Harga Tiket Masuk Museum Rahmat Gallery

Untuk masuk ke museum ini, pengunjung akan dikenai biaya yang berbeda, sesuai dengan profesi masing-masing pengunjung.

Berikut merupakan rincian biaya masuk ke museum Rahmat Gallery
  • Umum : Rp. 75.000 (Sudah termasuk minuman ringan dan snack).
  • Anak-anak : Rp. 25.000
  • Pelajar SD (Rombongan/ Minimal 25 pelajar) : Rp. 9.500
  • Pelajar SMP (Rombongan/ Minimal 25 pelajar) : Rp. 16.000
  • Mahasiswa (Rombongan/ Minimal 25 pelajar) : Rp. 18.000
  • Turis Asing : Rp. 150.000
Sebagai warga lokal yang dikenakan biaya masuk 75ribu itu termasuk worth it sih, karena kita bisa mengenal dan belajar banyak macam hewan disini, termasuk hewan-hewan yang mungkin sulit kita temui.

Selain itu, ada banyak spot yang menarik disetiap sudutnya yang bisa kita nikmati tanpa harus terburu-buru keluar atau selesai dari tempat ini karena di buru oleh waktu.

Karena jam operasional Rahmat International Wildlife Museum Gallery pada jam 09.00 - 17.00 WIB.

Bagaimana, cukup worth it bukan?

Lokasi Museum Rahmat

Lokasi Rahmat Galeri berada tepat di pinggir jalan lintas, tepatnya berada di Jalan Letdjen S. Parman No.309, Petisah Hulu, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara, 20152.

Letak museum berada tepat di pinggir jalan, sehingga akan sangat mudah untuk ditemukan. Namun, jika kamu masih kesulitan untuk datang ke museum ini, kamu bisa klik maps dibawah untuk mempermudah kamu sampai di lokasi tujuan.


Fasilitas Museum Rahmat Gallery

Seperti kata saya diatas. Ternyata, terdapat banyak sekali perubahan yang bisa kita lihat, mulai dari fasilitas, sarana dan juga pelayanannya.

Siapa sih yang tidak tertarik untuk datang kesini? Oh iya, mungkin sebagian pembaca ada yang baru pertama kali ingin datang kesini, untuk itu saya juga tertarik menuliskan tentang fasilitas di Museum Rahmat Gallery, tentunya untuk mempermudah pembaca sekaligus pengunjung Museum Rahmat Gallery.

Berikut adalah beberapa fasilitas dari Rahmat International Wildlife Museum Gallery yang bisa kamu ketahui:

1. Musholla

Bagi kaum muslim yang ingin menjelajahi Rahmat International Wildlife Museum Gallery berlama-lama tanpa takut ketinggalan ibadah, gak perlu ragu dan khawatir lagi, sebab di lantai 2 pada museum ini sudah disediakan musholla untuk ibadah para muslim.

Saya pun cukup apresiasi sama tempat wisata yang menyediakan musholla mini, terawat, bahkan bersih banget. Karena kita bisa berlama-lama menikmati tempat tersebut tanpa takut ketinggalan ibadah.

Apalagi, di Museum Gallery ini cukup luas dan lebar, waktu satu jam pun rasanya tidak cukup dan kurang untuk dijelajahi, saking menikmati dan memahami setiap isi dari Museum Gallery ini.

2. Hunters Cafe

Pada saat pemesanan tiket, kita akan mendapatkan bonus berupa satu cup popmie mini yang dapat kita seduh setelah selesai keliling dari museum ini.

Letak mini bar berada di lantai satu, bersekat dengan isi museum, tapi kita tidak bisa keluar masuk dari area ini, hanya bisa tertuju ke pintu keluar.

Rasanya lucu dan menggemaskan ya jika di museum terdapat sebuah mini bar, dengan desain yang unik dan apik. Pada dinding mini bar terdapat hiasan penghargaan dari pemilik museum yang dapat kita nikmati.

Tapi kehadiran mini bar ini malah jadi pelengkap setelah kita lelah mengelilingi museum ini.

3. Parkir yang luas

Museum International Rahmat Galery memang selalu ramai dikunjungi, pengunjung yang datang pun cukup beragam, mulai dari murid - murid sekolah yang melakukan study tour, turis asing bahkan warga lokal yang berasal dari berbagai daerah.

Tidak heran jika yang sering kita pertanyakan adalah lokasi parkir, apalagi titik lokasi tersebut berada di pinggir jalan dan berada di pusat kota, takut jika nantinya mengganggu keramaian.

Tenang saja, parkir yang disediakan di museum ini cukup luas, tersedia untuk parkir sepeda motor, mobil dan bis. Jadi, seberapa banyak rombongan yang akan kamu bawa, parkir tetap aman disini ya.

Untuk biaya parkir kendaraan Mobil dikenakan biaya Rp. 10.000, sedangkan sepeda motor Rp. 5.000.

4. Toilet

Museum Rahmat Gallery memiliki toilet yang bersih dan nyaman, toilet pun terbagi antara toilet wanita dan toilet pria. Dalam toilet juga cukup terjaga dan bersih.

5. Ruang Bermain Anak dan Perpustakaan

Tersedia ruang bermain anak, tempat ini juga sudah di renovasi dengan sangat bagus sekali, tersedia pula buku, kursi-kursi dan meja sebagai pelengkap untuk anak-anak yang datang.

Perubahan terjadi begitu cepat, ruangan ini jauh lebih baik dan nyaman tidak seperti saat pertama saya datang kemari.

Selain itu ada pula ruangan perpustakaan yang telah dilengkapi dengan buku-buku mengenai berbagai jenis satwa dan habitatnya dari berbagai negara.

Sekarang juga ada tambahan koleksi yang berdampingan dengan perpustakaan yaitu ruang sentuh untuk pengunjung yang penasaran ingin menyentuh koleksi yang ada di Museum & Galeri.

6. Safari Malam

Meski agak sedikit tertutup, please jangan sampai kalian melewati salah satu sarana menarik ini!

Safari malam namanya, ia berada di lantai satu dengan desain yang cukup tertutup dan tidak terlihat. Tapi jika kamu seorang yang jeli dan detail, kamu akan mendengar seperti suara auman seekor singa, yang bikin terpancing untuk masuk ke dalam.

Nuansa di Safari Malam memang di desain sebaik mungkin, dengan nuansa gelap dan malam hari, di dalam ini kita bisa mendengar suara-suara hewan dengan jelas, ada beragam macam hewan pula disini.

Saat masuk ke dalam safari malam, vibesnya jujur dapat dan kerasa banget, suara hewannya kadang bikin merinding, di dukung dengan suasananya yang gelap.

Eits, kalau kamu tidak berani masuk sendirian, tenang saja karena para employee atau beberapa mahasiswa magang akan menemani kamu untuk masuk kesini.

7. Banyak Ruangan, Sesuai Dengan Jenisnya

Bukan cuma safari malam, untuk mempermudah pengunjung, Rahmat International Wildlife Museum Gallery terbagi dalam beberapa ruangan, contohnya seperti berikut:
  • African Big Five : Menampilkan lima mamalia terbesar di Afrika, yaitu gajah, badak putih, banteng, singa, dan macan tutul.
  • Birds Kingdom : yang menampilkan berbagai jenis burung.
  • Bear Kingdom : diruangan ini kamu akan melihat berbagai jenis beruang dari berbagai daerah, baik itu dari daerah tropis maupun Antartika.
  • Mountain of Goats Night Safari : pada ruangan ini akan menampilkan suasana kehidupan berbagai jenis kambing di malam hari.
  • Indonesian species
  • African room
  • Australian species
  • Dry Aquarium
  • Cats of the world
  • Skeleton, Insects, Mollusca room
  • Reptile's room
  • Primata room
Terdapat banyak sekali ruangan yang bisa kita kunjungi, waktu satu jam rasanya tidak cukup sama sekali untuk mengenal hewan-hewan yang ada disini.

8. Karyawan yang Ramah

Meskipun kamu pengunjung dari luar daerah, tenang saja, karena para employee Rahmat International Wildlife Museum Gallery juga sangat ramah banget!

Paling asik kalau kita dipandu oleh mereka, kita bisa jadi paham dan mengenal hewan-hewan yang ada disini. Bonusnya sih bisa minta tolong untuk fotoin kita, hehehe.

9. Souvenir Shop

Tak lengkap jika salah satu wisata tidak memiliki fasilitas souvenir shop, sama seperti Museum & Galeri ini yang juga memiliki Gift Shop, yang menyediakan berbagai souvenir yang dapat dijadikan sebagai cenderamata.

Souvenir yang ada juga tak lepas dari ciri khas Museum & Galeri, yang memiliki keindahan dan keunikan sehingga dapat dijadikan kenangan yang tak terlupakan.

Tenang saja, harga gift shop disini sangat varian dan terjangkau.

Nah, bagaimana? Sekarang Museum Rahmat Gallery sudah banyak di renovasi dan semakin cantik loh, dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap pula! Membuat pengunjung nyaman dana ada rasa cemas.

Tips Berkunjung ke Museum Rahmat Gallery

Tips untuk kamu yang ingin berkunjung ke Rahmat International Wildlife Museum Gallery, perhatikan di bawah ini, ya: 

1. Tetap Berhati-hati

Rahmat International Wildlife Museum Gallery memiliki banyak jenis ruangan dan berbeda disetiap sudutnya.

Kamu akan melihat berbagai koleksi binatang dan habitatnya seperti African Big Five, Bear Room, Birds Kingdom, Indonesian Species, dan Mountain of Goats Night Safari.

Jadi, sangat disarankan untuk tetap berhati-hati karena kolekso-koleksi di museum ini merupakan benda berharga.

Perhatikan juga imbauan yang sudah tertera disetiap ruangan, seperti larangan menyentuh atau larangan memotret dengan menggunakan flash.

2. Berlibur sambil Belajar

Gunakan kesempatan terbaik mu saat berkunjung ke Rahmat International Wildlife Museum Gallery.

Kamu bisa berlibur sambil belajar terkait spesies dan habitat disini. Setidaknya hari libur mu jadi lebih menyenangkan, terkesan dan bermanfaat.

3. Abadikan Momen Terbaik

Pastikan bahwa kamu sudah mengabadikan momen terbaik bersama tiap koleksi yang sudah terpajang di museum ini.

Karena, kita tidak tahu kapan akan kembali lagi ke museum ini, tiba-tiba saat kembali bisa saja sudah di renov sebaik mungkin, atau ada kehadiran hewan terbaru.

Posting Komentar untuk "Rahmat International Wildlife Museum Gallery Medan: Harga Tiket Masuk, Fasilitas, Jam Buka & Lokasi"