Rekomendasi Makanan yang mengandung Protein Tinggi

Rekomendasi Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi
Rekomendasi Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi

Manusia membutuhkan asupan protein untuk memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh, untuk itu perlu makanan yang mengandung protein tinggi.

Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh karena memiliki segudang manfaat. Contohnya untuk mereka yang sedang proses diet, atau tahap pembentukan otot, dan sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil, dll.

Apalagi kandungan protein di dalam makanan sangat bermanfaat untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan membangun sel jaringan tubuh yang baru.

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka, memperkuat tulang dan menurunkan tekanan darah.

Itulah alasan kenapa manusia membutuhkan asupan protein, karena sebagai bentuk memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh.

Karena protein juga termasuk sebagai zat gizi makro yang bersifat penting bagi tubuh.

Tujuan konsumsi protein 

Mengkonsumsi protein juga memiliki tujuan utama, dan berikut adalah tujuan utama dari konsumsi protein:

1. Membentuk Jaringan Tubuh

Jaringan tubuh yang dimaksud adalah otot, tulang, kulit, rambut, kuku, jaringan ikat, dan banyak jaringan lainnya yang ada di dalam tubuh kita dan terbentuk dari protein.

2. Membentuk Biologis Protein

Dengan mengkonsumsi makanan yang berprotein juga dapat membentuk biologis protein, contohnya seperti hormon, enzim, dan lainnya.

3. Sebagai Regenerasi Jaringan

Semua jaringan kita memerlukan protein, untuk membentuk jaringan seperti memperbaiki otot. Itulah tujuan dari konsumsi protein.

Apakah semua protein itu sama?

Sering mengira bahwa semua protein itu sama? Atau sering berpikiran kalau "yang penting konsumsi tinggi protein, atau makan tinggi protein, itu yang sehat!".

Padahal tidak semua protein itu sama, mungkin selama ini kita hanya tahu beberapa jenis protein saja.

Seperti jenis protein hewani dan protein nabati. Dan kini ada yang namanya suplemen protein dengan beragam macam jenisnya.

Fungsinya tetap sama sebagai sumber energi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Protein hewani berasal dari hewan ternak seperti ayam, sapi, ikan, dan lain sebagainya. Maka protein nabati berasal dari tumbuhan, beberapa makanan yang mengandung protein nabati akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

7 Makanan yang mengandung protein tinggi

1. Biji-bijian / Kacang-kacangan

Kacang almond termasuk biji-bijian yang dikenal memiliki kandungan nutrisi baik untuk kesehatan tubuh dan memiliki protein tinggi.

Kacang almond memiliki kandungan nutrisi lainnya, yaitu serat kalsium dan zat besi, almond juga memiliki kandungan vitamin yang sangat baik bagi rambut dan kulit.

2. Daging Dada Ayam

Daging ayam bagian dada termasuk menjadi pilihan makanan yang mengandung protein tinggi. Karena mengandung kolin dan vitamin B.

Kadar protein yang terkandung pada 140 gram dada ayam tanpa kulit sebanyak 53 gram dan 231 kalori.

3. Telur 

Telur merupakan salah satu makanan yang berprotein Tinggi. karena mengandung sekitar 6 gram protein dan 78 kalori.

Telur juga mengandung vitamin, mineral, lemak sehat, dan antioksidan. Namun, telur kerap dikonsumsi untuk yang sedang menjaga berat badan, menjaga kesehatan jantung dan mempercepat proses penyembuhan.

4. Ikan

Ikan merupakan salah satu pilihan makanan yang mencakup asupan protein dengan kadar tinggi.

Ikan air laut dan ikan air tawar sama-sama memiliki kandungan protein dan omega-3. Selain ikan makanan laut lainnya seperti udang, cumi, gurita, kerang dan lainnya juga kaya akan protein dan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Namun, tidak semua ikan baik untuk dikonsumsi, karena ada beberapa ikan yang mengandung merkuri.

5. Produk dengan Olahan Susu

Susu, keju, dan youghurt adalah produk yang berasal dari olahan susu yang memiliki kandungan protein tinggi, sekaligus memberikan efek kalsium dan vitamin D.

6. Tahu & Tempe

Tahu dan tempe adalah jenis makanan ini telah terbukti mengandung protein nabati tinggi karena terbuat dari kacang kedelai.

Kacang kedelai sering dikenal sebagai sumber protein nabati utuh.

Pada olahan tempe terdapat protein nabati sebanyak 0.8 gr/100gr, dan olahan makanan tahu terdapat 8gr/100gr protein.

Bukan hanya mengandung protein tinggi, kedua makanan ini dikenal baik untuk menjaga kesehatan tubuh, karena tempe terdapat serat vitamin B kalsium dan lain sebagainya, sedangkan pada tahu terdapat fosfor, mangan, dan lainnya.

7. Daging Sapi tanpa Lemak

Daging sapi tanpa lemak memiliki tingkat protein yang tinggi, dan rasanya jauh lebih lezat. Biasanya terdapat pada bagian sirloin dan bagian panggul sapi. Karena mengandung sedikit lemak namun tetap ada kandungan protein yang jauh lebih tinggi.

Selain itu, daging sapi tanpa lemak juga mengandung vitamin B dan zat besi yang memiliki peran penting dalam mencegah anemia  dan membentuk sel jaringan tubuh yang sehat.

Makan sehat dengan protein tinggi juga dapat dinikmati di Steak Holycow.

Holycow merupakan gerai makanan yang menyediakan menu wagyu steak yang sudah tersebar di beberapa tempat di Indonesia,  seperti di Jakarta, Bandung, Pekanbaru, dan termasuk Holycow Surabaya.

Seperti yang kita ketahui bahwa makanan steak merupakan daging pilihan terbaik yang dikelola dengan apik untuk dapat dinikmati.

Termasuk pada  semua menu yang terdapat pada steak Holycow yang merupakan menu berprotein tinggi.

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Makanan yang mengandung Protein Tinggi"