Cara Menghilangkan Komedo di Hidung


Cara mengatasi komedo memang bukan hal yang mudah. Walaupun sudah merawat kulit wajah dengan baik, ternyata itu saja tidak cukup, karena komedo pasti akan timbul lagi dan ini sangat sering terjadi.

Pada umumnya, masalah kulit ini terjadi pada area wajah, tak heran jika banyak yang mencari cara menghilangkan komedo di hidung. Karena, jika tidak segera dibersihkan, semakin lama akan semakin menumpuk dan akan mengganggu penampilan. 

Apalagi komedo biasanya sering berbaris rapi di hidung dan paling terlihat jelas. Untuk itu, yuk kita cari tau apa itu komedo, jenis komedo, cara menghilangkan komedo di hidung, hingga tips untuk menghilangkan komedo dibawah ini!

Apa itu Komedo?

Komedo adalah masalah kulit yang disebabkan pori-pori tersumbat oleh beberapa faktor seperti minyak, debu, kotoran, dan sel kulit mati.

Sekilas, komedo tampak seperti benjolan kecil yang muncul pada pori-pori kulit, namun komedo memiliki warna hitam atau putih dan ini merupakan awal mula dari munculnya penyebab jerawat.

Untuk mengetahui apa itu komedo hitam dan putih, silakan lanjut bacaan kamu dibawah ini ya!

Jenis Komedo Blackhead & Whitehead

Komedo dibedakan menjadi dua jenis yaitu whitehead dan blackhead. Penyebab keduanya hampir sama yaitu dapat menyumbat pori-pori yang disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati dan minyak berlebih.

Namun, untuk mengenal perbedaan dari kedua komedo ini, dapat kamu kenali sebagai berikut:

Komedo Blackhead (Komedo Hitam)

Komedo Blackhead sering ditemukan pada kulit yang berpori-pori besar dan terjadi proses oksidasi sehingga komedo berwarna kehitaman.

Yang menjadi pemicu pada komedo blackhead ini karena pori-pori tersumbat dengan sedikit bukaan di permukaan kulit.

Kulit yang terbuka ini disebabkan karena terlalu sering terpapar udara, kotoran. debris teroksidasi, itulah yang membuat komedo menjadi berwarna hitam.

Komedo Whitehead (Komedo Putih)

Komedo Whitehead sering terjadi pada kulit yang memiliki jenis pori-pori kecil tanpa ada proses oksidasi sehingga pori tersumbat tanpa bukaan di permukaan kulit dan menyebabkan komedo berwarna putih.

Karena tidak ada bukaan atau tertutup maka debris tidak teroksidasi dengan udara, sehingga tetap berwarna putih.

Namun, komedo putih bisa jadi masalah jerawat jika tetap dibiarkan. Makanya tetap melakukan perawatan wajah yang rutin agar komedo perlahan menghilang.


Penyebab Muncul Komedo

Komedo terjadi karena ada sumbatan berupa minyak/sel kulit mati, oleh karena itu pencegahan yang dilakukan dengan mengontrol produksi minyak dan membersihkan sumbatannya.

Ketika pori-pori atau folikel rambut terisi sebum atau minyak alami, kotoran, sel kulit mati, dan bakteri.

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung

Sebenarnya, komedo bisa diatasi dengan mudah hanya dengan menggunakan produk skincare khusus yang ditujukan untuk mengatasi komedo.

Berikut adalah cara menghilangkan komedo di hidung yang dapat kamu coba:

1. Melakukan cuci muka dengan rutin

Poin pertama ini sangat mudah dilakukan tapi sangat susah untuk diaplikasikan. Padahal, melakukan cuci muka dengan rutin dapat membantu wajah jadi lebih bersih dan mengurangi timbulnya masalah pada wajah.

Tapi, tidak semua produk pembersih muka sesuai dengan problem wajah yang sedang kamu alami. Untuk itu, kenali jenis wajahmu sehingga lebih mudah memilih produk pembersih muka yang tepat.

Contohnya seperti pembersih muka KAHF Triple Action Oil and Comedo Defense Face Wash yang diformulasikan khusus dengan AHA-BHA-PHA yang dapat membantu untuk angkat komedo secara efektif.


Pembersih wajah yang satu ini bekerja dengan triple action face wash, mask, dan mild peeling solution. Dengan UltraAbsorb Charcoal dan HydroBalance yang dapat menyerap minyak secara intensif dari kulit tanpa menghilangkan kelembapannya.

Produk ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang memiliki keluhan seputar komedo, karena produk ini juga dapat digunakan sebagai masker dan mild
peeling solution untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Uap air hangat

Lakukan metode uap wajah dengan air hangat. Meskipun ini bukanlah cara yang instan tapi dapat membuat proses pembersihan komedo jadi lebih efektif.

Namun, uap air hangat bekerja dengan membuka pori-pori kulit, sehingga mempermudah untuk mengeluarkan kotoran,minyak berlebih, dan sel kulit mati yang menyumbat di pori.

3. Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan komedo di wajah. Karena eksfoliasi dapat mengangkat sel kulit mati yang menumpuk dan menyumbatkan pori-pori.

Jika ternyata komedo sudah membandel, kamu bisa menggunakan face scrub untuk mengangkat komedo yang membandel hanya dengan produk KAHF Gentle Exfoliating Face Scrub.


Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub memiliki buliran scrub HydraSilica yang halus dan mampu mengangkat sel kulit mati tanpa membuat kulit kehilangan kelembapan alaminya, bahkan aman jika digunakan setiap hari.

Produk ini juga dilengkapi dengan ekstrak Brazilian Coffe dan Korean Gingseng yang dapat membantu menyamarkan pori-pori membesar dan noda hitam, serta dapat membuat kulit wajah tampak lebih cerah dan bebas kusam sepanjang hari.

Btw, produk ini sangat direkomendasikan untuk semua jenis kulit pria.

4. Memperhatikan pola makan

Tanpa disadari ternyata makanan dapat memicu timbulnya komedo pada wajah. Untuk itu, mulai hindari mengkonsumsi makanan dengan jumlah lemak yang tinggi. 

Tips Untuk Mencegah Munculnya Komedo

Selain jerawat, komedo juga menjadi masalah utama pada wajah. Banyak orang yang melakukan berbagai cara menghilangkan komedo agar bisa tampil fresh dan cantik. Karena, jika komedo dibiarkan begitu saja bisa menjadi penyebab jerawat.

Berikut tips untuk mencegah munculnya komedo  .

1. Selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum menyentuh muka

Untuk kamu yang sering menyentuh muka tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Jangan sampai mengeluh, ya! Jika akhirnya timbul masalah di wajah.

Terlihat sepele, tapi nyatanya dapat merugikan diri sendiri. Mulai dari sekarang, yuk kini saatnya mulai untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum menyentuh muka. Agar wajah terhindar dari masalah komedo dan jerawat.

2. Menjaga kebersihan tubuh termasuk wajah

Menjaga kebersihan tubuh termasuk wajah merupakan bagian penting untuk kesehatan kulit dan mencegah berbagai masalah kulit seperti komedo, jerawat atau iritasi.

Kamu dapat menjaga kebersihan tubuh dengan cara dan membersihkan wajah, membersihkan tubuh, menjaga kebersihan rambut, merawat kuku, dan menggunakan produk yang aman.

3. Tidak menyentuh wajah terlalu sering

Hindari menyentuh wajah terlalu sering jika kamu tidak ingin membawa masalah untuk kulit. Terutama karena tangan kita secara sadar atau tidak sadar sering menyentuh banyak permukaan yang kotor.

Itulah sebabnya mengapa ada alasan larangan menyentuh wajah terlalu sering. Mungkin, kamu akan rasakan perbedaannya ketika sering menyentuh wajah dan tidak.

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Komedo di Hidung"